Minggu, 24 Januari 2016

Tajuk Rencana : Vietnam Desak Tiongkok ke Luar

Vietnam Desak Tiongkok ke Luar 

Hal ini bermula dari Vietnam menuduh Tiongkok telah memindahkan pengeboran minyak miliknya.
Juru bicara Kementrian Luar Negeri Vietnam telah memberikan seruan terhadap Tiongkok untuk menghentikan rencana dalam upaya pengeboran minyak di kawasan perairan yang disengketakan.

Juga dan menarik Haiyang Shiyou 981 ke luar dari perairan itu. Haiyang Shiyou merupakan anjungan pengeboran minyak laut milik Tiongkok. Harganya 1 miliar dollar AS dan telah beroperasi selama 10 pekan.

Pihak Tiongkok menegaskan bahwa tidak melanggar daerah yang ada di perairan Vietnam. Jika perselisihan ini terus berlanjut maka tidak dipungkiri kejadian pada tahun 2014 akan kembali terulang.

Pada tahun 2014 lalu terjadi perang meriam air karena pihak Tiongkok telah melanggar kawasan yang di sepakati namun pihak Vietnam telah memberi teguran. Tetapi tidak direspon oleh pihak Tiongkok, sehingga terjadilah perang meriam air tersebut.

Harapan saat ini adalah tidak terjadinya kejadian pada tahun 2014, yang telah menyebabkan satu orang tewas. Oleh karena itu Beijing dan Hanoi harus segera menyelesaikan masalah yang ada dengan pihak Vietnam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar