Minggu, 24 Januari 2016

Sosok : Ibu bagi Penderita Karatak

Ibu bagi Penderita Karatak

Pada topik sosok kali ini adalah seorang ibu yang bernama ayu, berikut penjelasan lengkapnya :


Ia betugas menjadi penyuluh dan motivator untuk penderita katarak agar mau dioperasi. Sebelumya ia telah mengikuti pelatihan mata selama 20 hari yang diselenggarakan Fred Hollow Foundation, Australia dan Pemerintah Indonesia.

Hal yang diajarkan soal skrining, pelatihan adalah cara perawatan dan pengobatan mata, operasi kecil mengeluarkan benda asing pada mata dan pelatihan dadurat mata lainnya. Skrining merupakan penggunaan tes atau metode diagnosis lain.

Dengan sabar ia mengunjungi rumah-rumah setiap warga untuk mengecek kondisi kesehatan mereka. Ia juga menjalin pendekatan dan kerja sama dengan bidan, kader, aparat desa, tokoh agama, dan warga setempat, agar memperlancar keinginannya mengobati para warga yang terkena katarak.

Dengan adanya lembaga yang setiap tahunya melaksanakan pengobatan gratis, tentu mengurangi jumlah penderita karatak yang ada di daerah tersebut. Masalah yang menjadi penyebab terkendalanya dalam melakukan operasi adalah penggunaan bahasa yang berbeda sehingga perlu waktu dan proses agar para pasien setuju untuk di operasi.








 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar